<<< SEMUA KEGIATAN TEST DI SMK NUSANTARA 1 COMAL MENGGUNAKAN CBT  >>>

 

 

Login Form

Link Lainnya

Tips & Persyaratan Melamar Pekerjaan Dengan Mudah

Persyaratan yang harus dipersiapkan
1. Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja bisa disebut first impression (kesan pertama) karena isi yg anda buat didalamnya akan mencerminkan kepribadian anda. Personalia biasanya bisa melihat dari isi tulisan Surat Lamaran Kerja bisa terlihat tipe orang yang membuatnya. Maka, ketika anda menulis Surat Lamaran Kerja, tuliskan maksud dan tujuan anda ke perusahaan itu.
Ketika menulis Surat Lamaran Kerja, diusahakan isinya adalah darimana informasi lowongan pekerjaan ini anda dapatkan, kemudian lowongan apa yang anda lamar, kemudian tuliskan juga pekerjaan anda saat ini, tuliskan pula lulusan sekolah mana dan jangan lupa masukan pula IPK anda ( jika anda sudah lulus kuliah ). Di paragrap terakhir tuliskan pengharapan anda untuk bisa join / bergabung dengan perusahaan tersebut.
 
tips lainnya dalam menulis Surat Lamaran kerja
Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Struktur Surat Lamaran Kerja
Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Surat Lamaran Kerja Harus Bersih dan rapih
 
2. CV atau Resume kerja
Dokumen kedua adalah CV ( Curriculum Vitae ) atau Resume Kerja. CV merupakan sebuah keterangan mengenai  detail anda, seperti  "Data Pribadi", "Pengalaman Kerja","Latar Belakang Pendidikan" dan yang lainnya, Usahakan informasi detail diatas dituliskan di dalam dokumen CV agar pihak management perusahaan mengetaui sejauh mana kualifikasi dan keahlian anda. Sehingga anda layak untuk diterima di perusahaan yang anda lamar berdasarkan isi CV anda.
 
3.Supporting Dokumen
 - Fotokopi Ijazah/sertifikat yang dilegalisir
Sebaiknya Anda telah mempersiapkan fotocopy ijazah atau sertifikat keahlian yang sudah dilegalisir lengkap dengan transkrip nilainya, hal ini sebagai penunjang dari Curriculum Vitae yang Anda isi. Untuk itu ketika melegalisir ijazah atau sertifikat keahlian usahakan dibuat agak banyak karena sering diperlukan dalam dokumen kelengkapan persyaratan melamar pekerjaan.
 
- Fotokopy KTP
Perhatikan apakah masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis, segera perpanjang masa berlaku KTP ke Kelurahan bila sudah habis. Fotokopi secukupnya karena sering dipergunakan dalam proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertera pada surat lamaran pekerjaan maupun CV sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP
 
- Pasfoto
Biasanya instansi yang membuka lowongan kerja meminta pasfoto dengan beberapa kriteria seperti ukuran, busana yang dikenakan dan latar belakang pasfoto. Oleh karena itu sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan saat foto Anda mengenakan jas dan dasi bagi laki-laki dan blazer bagi wanita, kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru. Tapi tidak ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih dengan ukuran seperti tersebut di atas.
 
-  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK atau dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam proses penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu persiapkan juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir karena biasanya masa berlaku SKCK adalah 6 bulan.
 
-  Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski biasanya persyaratan ini baru dilengkapi setelah lulus pada tahap awal proses rekrutmen tapi tidak ada salahnya bila Anda telah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.
 
- Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya wajib dimiliki pelamar kerja terutama di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini berfungsi untuk mengetahui data jumlah tenaga kerja di Indonesia, apabila pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka setiap 6 bulan sekali wajib melapor dan akan diberikan informasi instansi mana yang masih membuka lowongan pekerjaan. Masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun, Untuk itu diusahakan mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans
 
4.Buatlah Presentasi
Jika memungkinkan, buatlah Surat Lamaran dan CV secara presentasi sehingga anda akan terlihat profesional dalam bidang keahlian anda. Ini adalah salah satu cara untuk membuat sebuah keunikan lamaran pekerjaan dan tentunya jarang sekali orang membuatnya. Mungkin anda bisa mencobanya dan siapa tahu anda akan memperoleh pekerjaan yang anda impikan.
E-Learning lain bisa anda dapatkan setelah login pada website ini

 

Jumlah Pengunjung

051010
Hari iniHari ini12
KemarinKemarin22
Minggu iniMinggu ini188
Bulan iniBulan ini547
TotalTotal51010
Statistik created: 2017-11-19T08:22:22+07:00
54.146.50.80