Home » Berita Terbaru » Mesin Mobil Tanpa Camshaft, Cara Kerja Freevalve Rahasia Mobil Jadi Kencang

Mesin Mobil Tanpa Camshaft, Cara Kerja Freevalve Rahasia Mobil Jadi Kencang


      Freevalve atau camless piston engine, teknologi ini merupakan salah satu teknologi canggih yang paling banyak di perbincangkan akhir-akhir ini dikarenakan teknologi ini bisa jadi pioner atau pelopor perubahan besar pada sistem kerja di mesin pembakaran dalam sekala mess production, hal ini berbeda jauh dengan kakak kandungnya pneumatic valve yang hanya diperuntukan pada mesin kompetisi besar seperti MotoGp atau F1. teknologi ini sendiri telah dikembangkan atau ditemukan sejak tahun 2015 oleh koenigsegg dan adik perusahaanya yaitu freevalve,lalu teknologi ini diperkenalkan pada publik pada tahun 2016.

         Jadi dari sini bisa disimpulkan teknologi freevalve ini masih tergolong teknologi baru dan masih dalam pengembangan apalagi sekarang teknologi ini tidak hanya dikembangkan oleh satu perusahaan saja tapi ada banyak perusahaan yang ikut andil dalam pengembangan teknologi camless piston engine ini mulai dari renault, BMW, Viat,Valeo,GM, Lotus dan ford yang tentunya pengembangan-pengembangan ini terus dibawah pengawasan koenigsegg. prisip dasar camlees piston engine atau freevalve merupakan sistem katup yang bekerja menggunakan beberapa unsur, jadi ada unsur magnetic,pneumatik,dan juga hidrolik yang bekerja secara terintegrasi atau secara bersamaan, dimana tujuan dari ketiga unsur ini tadi itu adalah untuk menghilangkan camshaft dan komponen lainnya,tidak seperti camshaft yang tidak bisa diajak kompromi secara leluasa untuk mengatur buka katup freevalve juga memiliki kelebihan lain dimana bukaan katup diteknologi ini jga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna secara bebas mulai dari timing pembukaan,seberapa tinggi bukaan bahkan lama durasi valve terbuka. timing itu berhubungan dengan lebih cepat atau lebih lambatnya katup mulai terbuka sedangkan durasi valve adalah lamanya katup terbuka yang jika disimpulkan freevalve itu akan memberikan banyak sekali keunggulan yang tentunya sangat menggiurkan bagi pengguna mulai dari ukuran mesin yang berkurang hinga 50%,bobot berkurang hingga 30% emisi berkurang hingga 50% dan yang pasti meningkatkan power torsi dan fuel ekonomik hingga 30%.

komponen utama freevalve adalah :

  1. Camless valve
  2. Blok jalur oli dan jalur udar
  3. Freevalve controler berfungsi untuk mendeteksi posisi pneumatic valve dan memberikan perintah mengenai timing dan durasi bukaan intake dan exhouse plunger.

        Silinder head yang dibuat berbeda dengan silinder head yang konvensional karena komponen yang dipakai jauh berbeda mulai dari saluran intake dan exhouse yang dibuat terpisah karena setiap freevalve dapat dokontrol sesuai kebutuhan bisa membuat mesin jadi lebih reponsif dikarenakan diameter lubang intake yang lebih besar kekurangannya karena jallur intake terpisah dibutuhkan fuel injection yang lebih banyak. untuk 4 piston diperlukan 8 unit injection yang mengindikasikan teknologi ini sangat mahal.

 pada silinder head terdapat jalur oli dan juga jalur udara yang akan terhubung dengan blok oli dan blok udara diatasnya.

Cara kerja Camless Valve

          untuk sistem kerjanya dimulai dari pengisian tabung udara hingga tekanan yang dibutuhkan antara 20-30BAR,kenapa butuh sebesar itu karena daya dorong coil spring itu setara dengan 10 Bar tekanan ini masih jauh dibawah dari tekanan injektor.setelah dirasa tekanan udara cukup udara tersebut langsung dialirkan menuju blok saluran udara dan juga siap mensuplai udara tersebut kedalam freevalve maka pada kondisi ini mesin sudah dapat dioperasikan.

          sistem kerja dari katup ini dimulai dari sensor yang memberikan sinyal posisi crankshaft dimana sinyal ini akan memberitahu posisi piston pada ECU lalu sinyal dari sensor tersebut akan diolah sebelum akhirnya ECU memberikan perintah pada micro controler untuk melakukan pembukaan dan penutupan intake dan exhouse valve, sinyal yang datang dari ECU ini akan diolah lagi oleh microcontroler dan dilanjutkan ke sub komponen dibawahnya.Oli fungsinya untuk menstabilkan bouncing atau pantulan yang terjadi, untuk magnetic nya setiap coil atau selenoidnya yang menghasilkan daya tarik terhadap plunger. untuk membuat konsumsi bahan bakar yang irit bisa dilakukan bukaan katup yang pendek dan durasi yang pendek, dan untuk merubah performa bisa dilakukan durasi bukaan valve yang panjang.

Kekurangan dan kelebihan Freevalve

          untuk kelebihan dari freevalve adalah :

mesin akan menghasilkan peningkatan di banyak sisi seperti efisiensi,performa, bobot mesin dan emisi gas buang yang jauh lebih bersih.

          untuk kekurangannya adalah:

komponen yang digunakan lebih komplek, lebih canggih, dan lebih sensitif yang menjadikan biaya produksi dan maintenance jauh lebih mahal.

          Teknologi freevalve ini masih dalam proses pengembangan dan belum masuk kedalam produksi masal dikarenakan biaya produksinya sangat mahal dibandingkan dengan mesin konvensional.

Penulis : Feri Kurniawan,S.Pd

SMK NUSANTARA 1 COMAL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *